Sejarah Android dan Perkembangan Versinya

posted in: teknologi | 0

 

Pada masa ini hampir semua orang beralih dari yang awalnya menggunakan ponsel biasa berganti menggunakan Android. Andorid memang menjadi smartphone pilihan untuk era saat ini, banyaknya hal baru yang bisa dilakukan menggunakan smartphone inilah yang membuat orang tertarik untuk berganti menggunakannya sehingga mampu beradaptasi sesuai dengan eranya. Android sendiri merupakan sebuah sistem operasi yang tidak berbentuk, android ini terdiri dari berbagai deretan kode program dengan berbasis Linux.

Android dirancang pada perangkat seluler yang belakangan ini dipakai oleh beberapa orang. Keberadaan Android ini nampaknya sangat penting bagai seluler, sehebat apapun sebuah seluler yang anda miliki, akan tidak berfungsi jika keberadaan dari Android ini tidak ada. Ponsel yang menggunakan Android ini akan mempunyai kemampuan seperti menggesek, mengetuk, menekan, mencubit, dan beberapa gerakan lainnya. Karena Android ini menggunakan kode open source maka dapa dikembangkan hingga batasnya yang maksimal oleh pengembang apilkasi maupun oleh pabrikan. Informasi yang akan diulas di bawah ini akan memudahkan anda untuk memahami apa itu sejarah Android dan perkembangan versi – versinya yang baru dan yang pasti dengan Android banyak hal dilakukan dengan lebih mudah seperti convert pulsa.

www.pexels.com

Sejarah Android Dari Waktu ke Waktu

Sejarah singkat yang perlu anda ketahui adalah pada awal mulanya Android ini muncul di bawah naungan Android, Inc. Android, Inc ini merupakan sebuah perusahaan yang telah didirkan pada tahun 2003 di Palo Alto California, yang didirikan oleh beberapa pendiri di dalamnya. Sebelum Android ini digunakan di berbagai ponsel saat ini, dulunya Android ini digunakan di kamera digital. Namun setelah menggunakan Andorid ini pada kamera digital perusahaan tersebut sadar akan adaya peluang yang lebih besar ketika mengembangakan perangkat mobile ini di berbagai hal.

Android mulai berkembang dan pada saat itu mulai menyaingi Symbian dan juga Windows Mobile yang pada semulanya kedua hal tersebut menjadi pemain utama. Namun di tengah perjalanan Android melakukan saingan tersebut ada sebuah alasan yang mana membuat Android melakukan misi secara tersembunyi. Hal tersebut terus berjalan hingga masuk tahun 2005, Android dipinang oleh Google. Google juga membawa semua anggota pendiri Android dalam satu naungan. Setelah dipinang oleh Google nampaknya Android tidak menghasilkan apa – apa hingga masuk tahun 2006, pada saat itulah Android menghilang.

Masuk tahun 2008 Android berani untuk keluar dengan membawa hasilnya yakni sebuah ponsel komersil dengan basis Android untuk pertama kalinya dengan nama HTC Dream. Masuk tahun 2010 Google juga mulai mengeluarkan sebuah ponsel pintarnya dengan seri Nexus One, ponsel pintar ini kabarnya terbentuk atas bantuan dari HTC. Setelah kemunculan berbagai ponsel tersebut akhirnya muncul brend OEM yakni Samsung, HTC, LG, Asus, Lenovo, dan beberapa lainnya.

Masuk tahun 2013 sudah banyak perangkat Android yang diaktifkan di berbagai negara di dunia. Kabarnya hingga mencapai 1 Miliar perangkat ini diaktifkan, dan sudah lebih dari 4 Miliar perangkat ini terpasang di Google Play Store. Itulah berkembangan sejarah Android yang belakangana ini sangat dikenal di kalangan para pengguna smartphone. Berbagai keadaan mulai dari jatuh bangun, perangkat ini menunjukan kemampuannya yang sangat luar biasa hingga menjadikan keberadaannya penting untuk era saat ini.

www.pexels.com

Sejarah Android Melahirkan Berbagai Versi Barunya

Setelah mengalami perkembangan dari tahun ke tahun dan pada akhirnya mampu menghasilkan prestasi yang luar biasa, Android juga telah melahirkan berbagai versinya yang baru. Berbagai versi baru ini juga sudah mulai digunakan oleh para pengguna smartphone. Sudah banyak versi baru yang dikembangkan dan dapat ditemukan di beberapa ponsel yang ada saat ini. Inilah beberapa versi Andorid yang telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu :

  1. Versi Alpha

Sejarah Andorid pada awalnya mempunyai versi Alpha (Android 1.0), versi ini bisa anda temukan di beberapa aplikasi seperti Gmail, Maps, dan juga pada Youtube. Versi pertama ini adalah versi dari Sistem Operasi Android oleh Google,

  1. Versi Beta.

Versi kedua pun muncul yakni Beta (Android. 1.1), pada versi keduanya ini Andorid muncul dengan ditambahkan beberapa fungsi seperti API yang mengalami perubahan dari level 1 ke 2. Versi Beta ini mulai diluncurkan pada tahun 2007 yang mendukung MMS.

  1. Versi Cupake.

Versi ini muncul dengan ditambahkan beberapa fiturnya yang baru, versi ini sendiri mulai diluncurkan pada tahun 2009. Beberapa hal yang ditambahkan dalam versi ini adalah adanya fitur baru dan perubahan UI.

www.pexels.com
  1. Versi Donut.

Versi ini hadir dengan kelebihan yang sangat baik dimana aplikasi Android bisa mengucapkan sebuah text. Pada versi ini telah ditambahkan dukungan teknologi yang lebih canggih yakni CDMA/EVDO, layar WVGA, dan juga mesin sintesis oleh Goolge, dengan adanya teknologi tersebut menjadikan versi ini mampu mengucapkan text.

  1. Versi Éclair

Sejarah Android dalam mengembangkan versinya masih terus berkembang, pada versi ini anda akan menemukan fitur baru seperti adanya Bluetooth, wallpaper yang hidup, adanya HTML, SMS, MMS, Flash, Zoom, dan fitur pada kamera lainnya.

  1. Versi Froyo

Adanya versi baru seperti USB, tethering, Wifi, Hospot, Adobe flash, dan peningkatan kecepatan kinerja.

  1. Versi Gingerbread

Penambahan fitur seperti sensor, kamera depan dan belakang, keyboard virtual, saran text, dan copy paste.

  1. Versi Honeycomb

Pada versi ini layar beranda di tampilkan lebih lebar, penambahan tab pada browser, obrolan video, dan Gtalk.

www.pexels.com
  1. Versi Ice Cream Sandwich

Versi ini memudahkan para penggunanya untuk melakukan gesek cepat, menutup aplikasi, mengatur letak galeri, dan mengeditor berbagai foto built in.

  1. Versi Jelly Bean

Keunggulan pada versi ini adalah antar muka pengguna yang tampilannya lebih halus.

  1. Versi Kitkat

Versi satu ini menawarakan anatr muka pengguna dengan bar satatus, navigasi transparan, webviews dengan basis chromium, dan layar penuh.

  1. Versi Lollipop

Versi ini mempunyai kelebihan yakni tidak akan bisa direset ulang jika tidak ada id Google dan passwordnya.

  1. Versi Marsmallow

Pengaturan privasi baik akan lebih mudah dalam mengupgrade ponsel, sidik jari, dan pesan suara visual dalam penggunaannya.

  1. Versi Nougat

Versi ini menampilkan jedela dengan mode pengemhat data, realitas virtual aman, dan mempunyai dimensi yang baru.

  1. Versi Oreo

Sejarah Android yang paling baru adalah dengan menggunakan versi Oreo ini. Versi baru ini diluncurkan padatahun 2017 yang mana menampilkan berbagai versi barunya yang mampu membuat tampilan smartphone lebih cepat, pintar, dan juga powerful jika dibandingkan dengan berbagai versi Andorid lainnya. Pada versi terbaru ini juga menampilkan berbagai fitur unggulan lainnya seperti Google Play Protect, emoji yang baru, dan picture di dalam picture. Itulah berbagai versi Andorid yang mengalami berubahan dan perkembangan yang lebih baik dari waktu ke waktu.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *