Kamera Sony dan Jenis-jenisnya

posted in: teknologi | 0

Kamera dewasa ini telah menjadi tempat tersendiri bagi generasi milenial. Hal ini tidak terlepas dari pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Zaman dahulu, dalam mendokumentasikan sejarah diharuskan dengan mencatat di buku tulis atau di lembaran-lembaran kertas. Maka, dewasa ini, khususnya di era serba digital ini, dokumentasi tidak lagi berupa catatan-catatan tapi telah berproses menjadi gambar atau fhoto. Rasanya, sudah tidak asing kalau setiap mereka yang ingin eksis di dunia maya atau dunia online, maka diharuskan memiliki catatan atau rekaman diri berupa gambar atau fhoto. Maka, dalam proses menjadikannya ke dalam bentuk fhoto atau gambar dibutuhkan wadah yang dikenal dengan kamera. Belakangan ini yang tidak kalah hebohnya adalah kamera sony. Tapi, sebelum itu, mari kita berkenalan dulu dengan kamera itu sendiri.

Berkenalan dengan Kamera?

Sebelum kita lebih jauh berbicara banyak hal dengan kamera sony, kita wajib terlebih dahulu memahami kamera dengan baik. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kamera. Hal ini menjadi fundamental dan penting, sebelum kita beranjak untuk berkenalan lebih dalam dan lebih intens dengan kamera sony. Kenapa? Keran hal ini sangat penting kiranya agar pemahaman tentang kamera sony tidak salah kaprah. Nah, sebenarnya kamera secara definisi yaitu merupakan seperangkat alat atau perlengkapan yang berfungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar (diam maupun bergerak) yang merupakan hasil proyeksi pada sistem lensa.

Kalau kita lihat akan perjalanan sejarahnya, kamera juga memiliki perjalanannya dan sejarah tersendiri seperti manusia yang juga memiliki sejarah dan perjalannya tersendiri. Berbicara tentang sejarah dan perjalanan kamera dimulai dengan adanya evolusi kamera dimulai dari penghujung abad ke-19 yang ditandai dengan lahirnya kamera studio yang berdiri diatas tripod dengan menggunakan piringan kaca fotografis. Kamera pada awalnya disebut sebagai camera obscura. Istilah ini jika ditelusuri akar katanya dalam bahasa latin berarti ruang gelap.

Selain itu, penting juga dipahami bahwa camera obscura ini merupakan sebuah alat yang terdiri dari ruang gelap atau kotak yang dapat memantulkan cahaya melalui penggunaan dua buah lensa konveksi, kemudian menempatkan gambar objek eksternal tersebut pada sebuah kertas atau film. Kemudian, film ini diletakkan pada pusat fokus dari lensa tersebut. Jaman dulu kamera memang memiliki bentuk yang besar dan kaku alias kotak-kotak. Maklum waktu itu kamera sony belum lahir..hehehe

Pada masa sekarang kini kamera telah jauh berevolusi menjadi semakin canggih, simpel, portable dan praktis sekaligus stylish. Dari yang dulunya jadul dan konvensional hingga kini yang Jenis kamera tentu tidak hanya satu, tetapi sangat amat beragam. Adapun pihak-pihak pengembang atau perusahaan-perusahaan yang merupakan produsen kamera kenamaan seperti kamera sony, Nikon, Canon, Panasonic, Lumix dan sejenisnya telah lama mengembangkan kamera yang sesuai dengan beragam kebutuhan kita.

www.pexels.com

Kamera Sony dan Keunggulannya

Berbicara masalah kamera, menarik sekali kalau berbicara tentang kamera sony. Karena merek kamera satu ini terdapat beberapa keunggulan. Keunggulan-keunggulan inilah yang membuat kamera sony sebagai pilihan kamera terbaik.

Jika Anda merasa bertanya-tanya dan penasaran dengan penggunaan kamera Sony yang banyak dipilih oleh para penggemar kamera? Anda baiknya dilihat dari desain bodi dan hasil akhir fotonya, Anda mungkin akan mengerti alasan di balik ketertarikan banyak orang. Dan andai Anda memiliki hasrat dan keinginan untuk membandingkan spesifikasi kamera sony dengan kamera lain, Anda bisa menyimak gambaran umumnya melalui pembahasan berikut. Berikut dilampirkan beberapa keunggulan kamera sony sebagai pilihan kamera terbaik.

  1. Kamera Sony yang Memiliki Peningkatan fitur autofocus

Beberapa waktu yang lalu, setelah Sony A6000 memecahkan rekor kecepatan fokus dalam 0.06 detik, Sony terus melakukan pembaruan dengan kecepatan fokus Sony A6300 yang mencapai 0.05 detik. Tidak ingin berpuas diri, Sony lalu meningkatkan kemampuan autofocus kamera mirrorless Sony A6300 dengan 425 titik fokus.

Dengan jumlah sebanyak itu, kamu bisa mengambil gambar yang bergerak cepat dengan lebih mudah. Meski berada di dalam atau pun di luar ruangan, kamu akan menghasilkan kualitas gambar yang tajam. Buat kamu yang pertama kali menggunakan kamera mirrorless atau DSLR, mode otomatis mungkin adalah mode yang bisa membantu kamu untuk beradaptasi dengan kamera. Oleh karena itu, fitur yang dimiliki kamera sony A6000 saja sudah cukup membantu untuk memberikan kamu kemudahan pengoperasian kamera yang praktis dengan hasil yang optimal.

Perlu diketahui, Sony A6000 punya tombol putar dengan pilihan mode pemotretan P/S/A/M. Untuk menggunakan mode ini, kamu bisa memutar dan memilih tombol pada mode A (Automatic). Secara garis besar, mode ini membuat kamera ‘bekerja sendiri’ untuk menghasilkan foto yang bagus. Kamu tidak perlu repot untuk mengatur kecepatan, diafragma, sampai ISO untuk mengambil gambar di berbagai macam kondisi, siang atau malam. Yang kamu butuhkan hanya mengatur komposisi foto yang baik dan menekan tombol shutter-nya.

  1. Kamera Sony Memiliki Pembaruan Kualitas Rekaman Video

Keunggulan selanjutnya dari kamera sony adalah kalau butuh kamera yang memiliki kualitas rekaman ciamik? Lagi-lagi melirik fitur yang dimiliki oleh Sony A6000, kamu bisa menikmati kemampuan perekam video dengan format Full HD 1080p. Namun rupanya, Sony melakukan perubahan besar di tubuh A6300. Buat penggemar videografi, Sony membuat A6300 mampu merekam video dengan kualitas 4K, dengan bitrate hingga 100 Mbps. Hal ini membuktikan bahwa Sony memang tidak main-main dengan pembaruan kamera mirrorless-nya.

  1. Kamera Sony Terdapat Fungsi viewfinder Tangguh dengan Dukungan Aplikasi Play Memories

Mirip seperti yang ada pada smartphone, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan editing foto. Tidak hanya itu, kamu bahkan bisa menjadikan smartphone kamu sebagai sebuah remote untuk mengendalikan kamera Sony milikmu, salah satu kamera yang bisa dikendalikan adalah pada seri Sony A6000. Untuk menikmati fitur ini, cukup install aplikasi PlayMemories di smartphone dan install Smart Remote Control di kamera Sony.

  1. Kamera Sony Memiliki Desain Bodi yang Tangguh

Jika diperkirakan secara sekilas, apa tujuan orang menggunakan kamera? Tidak lagi hanya terbatas untuk kebutuhan dokumentasi, sebagian besar orang yang menggunakan kamera ingin meng-update hasilnya di media sosial. Meski sedang berkegiatan di dalam atau di luar ruangan, penggunaan kamera mirrorless sudah semakin sering untuk ditemukan. Oleh karena itu, bentuk praktis dari kamera mirrorless menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan untuk pengguna kamera. Dalam hal ini, kamera sony dibuat dengan bentuk yang sangat praktis. Jika melihat dari hasil tangkapan kameranya, kamu mungkin tidak akan menyangka kamera Sony mampu melakukannya.

  1. Kamera Sony Memiliki Hasil Memotret Berkualitas Tanpa Lensa Tambahan

Tidak ingin kerepotan memilih lensa tambahan untuk kamera kamu? Untuk memperpanjang jangkauan lensa standar, kamu bisa menggunakan fitur Clear Image Zoom dan Digital Zoom. Dua fitur ini merupakan fitur kamera sony yang cukup berguna jika kamu hanya memiliki satu lensa namun membutuhkan area jangkauan lebih panjang. Lalu, bagaimana soal ketajaman gambarnya? Kamu bisa membuktikan bahwa fitur Clear Image Zoom mampu memberikan hasil ketajaman gambar yang optimal.

www.pexels.com

Kamera Sony dan Jenis-jenisnya

Kamera sony, siapa yang tidak kenal merek kamera satu ini. Diantara deretan nama besar produk-produk kamera terbaik, Sony selalu menempatkan produknya di dalam jajaran kamera terbaik itu. Kualitas gambar yang sangat baik serta desain yang selalu kekinian adalah beberapa alasan mengapa produk-produk Sony selalu diminati. Tidak hanya itu saja, Sony juga selalu memberikan inovasi pada produk-produk terbarunya. Berbagai jenis kamera dengan kualitas hasil gambar yang tak perlu diragukan dan harga yang bersahabat bisa Anda dapatkan dari satu produk. Seperti beberapa kamera Sony terbaik berikut ini.

 

  1. Kamera Sony A7 Mark III

Kamera sony yang tergolong kamera mirrorless full-frame ini sudah dilengkapi dengan teknologi dan fitur terbaru serta canggih di dalamnya. Salah satu teknologi yang menjadi daya tarik utamanya adalah adanya sistem AF yang sebelumnya sudah dipasang pada kamera Sony A9. Kamera ini menggunakan sensor 24MP dengan ISO 100-25600. Sensor pada seri ini sudah ditanamkan teknologi back-illuminated Exmor. Teknologi ini memungkinkan shadow dan detail gambar lebih dipertahankan meskipun diambil dengan ISO tinggi. Keunggulan lain kamera ini adalah autofokusnya yang bisa lebih cepat dari kamera pendahulunya. Fitur yang tak kalah ditunggu adalah kemampuan merekam video full 4K dan 4K dari kamera ini. Terakhir, A7 Mark III ini sudah dibekali dengan 2 slot SD-Card yang biasa digunakan pada kamera profesional.

  1. Kamera Sony A7R Mark III

Tipe kamera terbaik dari kamera sony selanjutnya adalah Sony A7R Mark III. Meskipun kamera ini dibekali dengan resolusi 42MP, namun seri satu ini tergolong lebih cepat diproses dan kinerjanya pun lebih maksimal. Dengan sensor ini, Sony A7R Mark III bisa memotret hingga 10 frame dalam satu detik. Untuk memaksimalkan hasil jepretnya, kamera ini dibekali juga dengan shutter yang lembut dan bisa mencegah shutter shock. Ketahanannya terbukti dengan shutter sebanyak 500.000 kali. Selain itu, adanya sensor giroskopis pada kamera ini akan secara otomatis mengoreksi blur akibat adanya gerakan sebelum sensor menangkap objek gambar. Untuk kemampuan merekam, A7R Mark III ini sudah mampu merekam video berkualitas 4K. Dengan adanya mikrofon stereo pada perangkat ini, Kamu bisa merekam video dengan kualitas audio yang cukup bagus bahkan tanpa mikrofon luar.

  1. Kamera Sony A9

Sony A9 adalah kamera sony terbaik yang biasanya digunakan untuk kebutuhan profesional. Sensor yang digunakan adalah full-frame 24MP CMOS berlapis. Keunggulan dari sensor ini salah satunya adalah bisa membaca 20 kali lebih cepat yang kemudian bisa menghasilkan gambar hingga 20 gambar per detik. Adaya sensor ini juga bisa membuat Kamu memotret tanpa shutter shock dan rolling shutter. Dengan begitu hasil gambar Kamu bisa lebih tajam. Autofocusnya mencapai 693 titik yang sama dengan 93% frame. Sedangkan untuk kualitas pengambilan videonya juga sudah berkualitas 4K.

  1. Kamera Sony A99 Mark II

Kamera sony A99 Mark II ini adalah kamera mirrorless yang dibuat untuk kebutuhan profesional. Sensor yang digunakan seri ini adalah sensor CMOS 42.4MP dengan rentang sensitivitas ISO 100-25600 dan bahkan bisa diperluas hingga 50-102.400. Sensor baru dan prosesor Bionz X & LSI front-end yang digunakan memungkinkan Kamu mengambil gambar hingga 20fps. A99 Mark II juga dibekali AF deteksi Phase Hybrid yang mampu menangkap gambar meskipun gerakannya cepat secara terus menerus dan hasilnya pun akurat. Sedangkan untuk pengambilan video, kamera ini bisa mengambil video 4K yang juga didukung dengan pilihan slow & quick.

  1. Kamera Sony A6500

Sony A6500 adalah seri kamera Sony terbaik selanjutnya. Seri ini mempunyai sensor APS-C dengan resolusi 24,2MP. Dengan sensor ini, Sony A6500 mampu mengambil gambar secara terus menerus berkecepatan 11 frame dalam satu detik atau dengan kata lain mampu mengambil gambar sebanyak 300 frame sekali tekan. Fitur lainnya yang membuat kualitas gambar dari kamera ini begitu jernih adalah adanya 5-axis image stabilization. Ditambah lagi dengan adanya AF deteksi fase yang memiliki fokus 425 titik. Prosesor LSI di dalam kamera ini memungkinkan Kamu melihat preview hasil jepretan lebih cepat. Dengan begitu resiko overhat pun bisa dikurangi.

www.pexels.com
  1. Kamera Sony Cyber-Shot DSC-RX100 VI

Seri ini memang bukan kamera berjenis mirrorless seperti kamera-kamera di atas, namun kamera compact. Namun, jangan salah karena kamera ini adalah kamera compact dengan kualitas terbaik yang pernah ada. Daya tarik utama kamera ini adalah zoom yang cukup besar yaitu 24-200mm. Sensor yang digunakan pada compact kamera sony ini adalah Exmor RS CMOS beresolusi 20,1MP serta prosesor BIONZ X. Kombinasi ini menghasilkan kemampuan memotret hingga 24 fps. Adanya 315 titik fokus yang dipasang serta penggunaan teknologi High-Density Tracking AF membuat pemusatan titik fokus lebih cepat dan akurat yaitu Hanya membutuhkan 0,3 detik saja.

  1. Kamera Sony Cyber-shot DSC-RX0

Seri kamera Sony ini memiliki keunikan pada desainnya. Desainnya sangat mungil sehingga diklaim sebagai desain kamera Gopro. Daya tarik yang diunggulkan dari kamera ini adalah setup multi kamera bahkan mencapai 15 kamera sekaligus hanya melalui koneksi Wifi. Sensor yang digunakan adalan sensor 15,3MP 1-inch Exmor RS CMOS dengan ISO maksimum mencapai 12.800. Sensor ini mampu mengambil gambar hingga 16fps dan merekam video 4K.

  1. Kamera Sony Cyber-shot DSC-RX100 V

Daftar kamera Sony murah terbaik selanjutnya adalah kamera pocket DCS-RX100 V yang dibekali dengan lensa Zeiss 24-70mm serta dilengkapi pula dengan cincin putar kendali yang akan memudahkan Kamu saat memotret.

Kamera ini menggunakan sensor Exmor BSI-CMOS 1-inch beresolusi 20.1MP. prosesor BIONZ X yang dikombinasikan dengan chip LSI membuat pengolahan datanya lebih cepat meskipun hasil foto berada di kualitas ISO tinggi.

  1. Kamera Sony Cyber-shot DSC-RX10 IV

Kamera terbaik Sony ini adalah kamera prosumer dengan superzoom generasi ke4. Kamera ini pada dasarnya menggunakan sensor CMOS beresolusi 20MP berukuran 1inchi. Prosesor BIONZ X yang digunakan membuat kamera sony ini bisa memotret hingga 24fps tanpa henti. Lensanya memiliki kemampuan 25x zoom optical yang dikombinasikan dengan fitur Optical SteadyShot. Dengan begitu hasil jepretan akan tetap tajam meskipun pada tingkat zoom paling tinggi sekalipun.

www.pexels.com
  1. Kamera Sony Cyber-shot DSC-HX350

Seri ini juga masuk dalam jenis kamera prosumer dari kamera Sony terbaik. Desain luarnya hampir mirip dengan kamera DSLR. Kamera ini memiliki daya tarik utama pada kemampuan zoomnya yang mencapai 50x atau bisa dibilang setara dengan lensa 24-120mm kamera full-frame.

Selain kemampuan zoom, kemampuan lain kamera ini adalah kecepatan memotret hingga 10fps tanpa henti. Kemampuan perekaman videonya pun tak bisa dianggap remeh karena bisa merekam video beresolusi Full HD.

Demikianlah beberapa hal tentang kamera, keunggulan dan jenis-jenis kamera sony terbaik. Dengan spesifikasi yang tinggi sepeti yang disebutkan di atas, tidak heran jika kamera-kamera ini banyak digunakan untuk kebutuhan profesional. Beberapa kamera memang berjenis kamera pocket yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Namun, untuk soal kualitas, tidak jauh beda dengan kamera profesional. Bagi Anda yang ingin melihat penampakan kamera sony ini secara audio visual bisa juga dengan mendatangi mall kamera di daerah ibu Kota Jakarta yang melakukan sewa videotron Jakarta. Selamat  mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *